Sabang, Paket Lengkap Pariwisata Bahari di Aceh

“Dari sabang sampai merauke
berjajar pulau-pulau…”

Sebagai anak Indonesia, siapa yang  tidak kenal dengan lagu wajib nasional ini? Lagu ciptaan R.Suharjo ini pasti sudah kita hapal sejak masih di sekolah dasar. Lagu yang menyiratkan betapa luas tanah air kita, Indonesia. Karena lagu wajib ini pula, setiap rakyat Indonesia pasti familiar dengan kata “Sabang”. Sabang adalah kota paling barat di Indonesia dan terletak di pulau Weh. Pulau ini hanya pulau kecil dengan luas 156,3 km², jadi kamu bisa mengelilingi pulau ini hanya dalam 1 hari (kalau ngebut dan gak banyak selfie 😀 )

qwsx

Apa tujuan wisata paling populer di Sabang? pasti langsung kepikiran Tugu Kilometer 0 ya! Titik awal kilometer wilayah geografis Indonesia. Berasa bangga gitu kalau udah mencapai bagian paling barat Indonesia hehe. Tapi bukan itu aja pesona pulau Weh loh. Selain Tugu Kilometer Nol, Sabang juga terkenal dengan wisata baharinya yang gak kalah keren!

_DSC8414

Untuk menuju kota Sabang, kita dapat menempuh jalur laut dari pelabuhan Ulee Lheue di Kota Banda Aceh. Tersedia kapal feri cepat dan kapal feri lambat, tinggal pilih mau yang ekonomis atau yang eklusif😀. Kapal akan berlabuh di pelabuhan Balohan, yang jaraknya tidak begitu jauh dari kota Sabang. Ada banyak hotel-penginapan-bungalow yang ada di Sabang maupun di desa-desa sekitarnya  misalnya di Iboih atau pantai Sumur Tiga.

_DSC8149

Emang ada apa aja sih di sabang? Bisa-bisanya saya mengatakan kalau sabang mempunyai paket lengkap wisata bahari haha😀. Oke langsung aja, kita mulai dari pantai-pantai indahnya terlebih dahulu.

Pantai Sumur Tiga

Pantai ini hanya terletak ± 3 km dari Sabang. Kalau anda berkungjung pada hari-hari biasa (not weekend), apalagi pagi hari ya  berasa pantai pribadi karena pengunjung yang datang belum ramai. Rasanya sama dengan  menginap di bungalow lol.  Kalau cuaca sedang bersahabat, ombak yang tenang, angin sepoi-sepoi, dan daun pohon kelapa yang begerak indah = perfect.

Pantai Iboih & Pulau Rubiah

IMG_2063Pantai ini berjarak sekitar 20 km dr kota Sabang, Jika anda ingin mengunjungi Kilometer 0 maka anda pasti melewati pantai ini. Tapi jika mencari papan penunjuk menuju pantai ini, kata kunci nya adalah “Teupin Layue” ikuti saja penunjuk arahnya. Tak jauh dari pantai ini kita dapat melihat pulau Rubiah. Nah disinilah anda dapat melihat taman bawah laut sabang yang terkenal itu. Jika anda ingin snorkling cukup membayar 45.000 untuk menyewa alat menyelam. tapi untuk menyewa boat dan pemandu harus merogoh kocek lagi dan akan terasa ringan jika pergi dengan teman se genk (modal anak kost)

IMG_2749

IMG_2786

IMG_2792

Pantai Gapang

Diving-di-Pantai-Gapang-659x515

source : pasirpantai.com

Belum puas hanya dengan snorkling?  anda juga bisa melakukan diving di pantai Gapang. Pantai ini lebih sepi jika dibandingkan dengan pantai Iboih dan pantai Sumur Tiga. Jika tertarik untuk diving, terdapat dive center yang cukup recommended yaitu Lumba-Lumba Dive Resort. Bagi pemula, tersedia pemandu yang akan mengajarkan dan memandu anda selama diving dan cukup membayar 400.000/orang.

Pantai Kasih

source : backpackerindonesia.com

Kalau pantai ini, letaknya di kota bawah Sabang, membentang panjang dan dapat dinikmati saat jalan-jalan memutari kota Sabang. Ombaknya lumayan tenang, mungkin karena letaknya di teluk sabang kali ya. Di pantai ini kita juga bisa menikmati sunset loh.

Pantai Anoi Itam

Siapa bilang pantai pasir hitam tidak semenarik pantai pasir putih? Pantai Anoi itam tak kalah cantik dibandingkan pantai-pantai indah di Sabang. Di sekitar pantai, terdapat beberapa benteng peninggalan Jepang yang dulu menjadi pusat pertahanan Jepang terhadap serangan musuh dari laut dan udara.

Bagi pecinta pantai, kenyang banget deh kalau main ke Sabang. Selain pantai-pantai yang saya sebutkan di atas, masih banyak pantai-pantai tersembunyi (plus pantai pribadi dibelakang rumah warga!) Kemanapun anda pergi selalu terlihat lautan biru dan pantai yang masih alami. Namun, Anda ingin wisata bahari yang beda?? di sabang juga ada wisata gunung api bawah laut. Loh, gimana tuh?

Gunung Api Bawah Laut Sirui

Sirui+Hidrotermail

source : acehplanet.com

wisata hidrotermal ini terletak tidak jauh dari pantai Gapang tepatnya di wilayah Pria Laot. Seperti namanya, terdapat gunung api yang masih aktif dan terletak di bawah laut di wilayah Sirui. Disini kita dapat menyelam dan melihat gelembung-gelembung udara yang keluar dari kawah-kawah kecil plus ikan-ikan unik yag dapat hidup di suhu hangat. Keren banget!

Bosan dengan pantai, Sabang juga punya danau, air terjun, pemandian air panas hingga gua di tepi laut. Ada Air Terjun Pria Laot yang berasal dari aliran sungai Pria Laot yang bersumber dari Danau Aneuk Laot. Tinggi air terjun hanya 10 meter sehingga percikan air tidak terlalu deras. Pas banget kalau anda mau bersantai di kolam air terjun ini!. Selain itu juga terdapat Pemandian air panas Keuneukai, air panas ini berasal dari gunung berapi yang terletak di tengah-tengah Pulau Weh. Dan Gua Sarang, destinasi wisata yang baru dibuka oleh pemerintah Sabang yang pemandangan indahnya gak diragukan lagi.

source : disbudpar.acehprov.go.id

Gimana, dari pantai sampai gua di pinggir laut, gak salah kan kalau saya bilang Sabang punya paket lengkap wisata bahari?😀

Dan akan makin lengkap jika anda datang ke Sabang pada 26-30 April 2016, karena Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh mengadakan Sabang Marine Festival 2016, yang merupakan Atraksi wisata marina untuk mempromosikan Sabang sebagai Destinasi Wisata Kapal Yacht. Beberapa kapal yacht luar negeri akan singgah di Sabang dan didukung dengan beberapa atraksi wisata budaya menarik lainnya. Kapan lagi bisa menikmati wisata alam juga bisa menyaksikan beragam kesenian aceh plus kapal Yacht!!  (dan penumpangnya mungkin ada bule) Yuk ke sabang, surganya wisata bahari di ujung barat Indonesia.

nz blog

 

Source :
dok.pribadi
disbudpar.acehprov.go.id

2 thoughts on “Sabang, Paket Lengkap Pariwisata Bahari di Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s