Kosmetik Halal dan Animal Cruelty Free

Hai semuanya!!
jarang-jarang ne bahas kosmetik, baru ngerti bedanya eyeliner dan eyebrow aja sok nulis artikel beginian hahaha *tolong abaikan*

12

 

 

Di era teknologi informasi seperti sekarang segala sesuatu dapat dibeli secara online, tidak terkecuali kosmetik yang pasti harganya lebih murah dibandingkan jika beli di counter nya. Tapi pernah terpikir gak produk-produk kosmetik yang kita gunakan –terlebih beli secara online, apalagi untuk produk luar negeri– sudah halal?. Gak mau kan ibadah kita gak diterima Allah gara-gara tubuh kita gak bersih dari najis? 🙂

Secara keseluruhan, kehalalan suatu produk itu harus dilihat dari berbagai segi yaitu hasil (termasuk ingredients produk) dan prosesnya. Jadi meskipun dari segi ingredients kosmetik yang kita gunakan sudah bisa dikatakan aman dari najis, tapi jika proses dalam mendapatkan bahan tersebut gak halal ya sama aja bohong.

Ingredients dari kosmetik yang dikategorikan haram apabila diperoleh dari hewan najis (seperti lemak babi), atau dari hewan non najis (sapi, domba) tapi tidak diproses sesuai syariat islam.
Yang perlu kita tau, beberapa ingredients yang dikategorikan haram yaitu :
–  Plasenta
–  Cairan amnion, berupa cairan yang berada di sekitar janin
– Pewarna dari serangga, kecuali belalang (cth : Carmine red, ini sering digunakan pada lipstik, blush on dll yang didapatkan dari darah serangga cochineal, yang mana ini pun terdapat 2 pendapat, ada yang mengatakan halal dan haram, bisa cek di sini)
– Alkohol (Ethyl Alcohol). menurut fatwa ulama MUI bahwa alkohol dalam kosmetika diperbolehkan selama tidak berasal dari industri minuman keras (khamr)
untuk lebih lengkap bisa dilihat di sini

bahan-bahan yang disebutkan diatas dikategorikan haram, karena bisa bersumber dari hewan yang haram (atau halal), cara produksi maupun media perantaranya.

Lalu dari segi cara produksi dan pengujiannya, juga harus dipastikan dilakukan secara halal. Bahan yang didapatkan dari hewan yang halal seperti sapi dan domba harus diproses sesuai dengan syariat islam, dan pengujian bahan kosmetik tidak dilakukan pada hewan dengan maksud menyakiti serta membunuh hewan uji.

Pengujian hewan ini dilakukan untuk menjamin keamanan sifat hypoallergenic produk kosmetik yang digunakan manusia. Tes ini biasanya di uji mata & kulit  di mana produk bakalan diteteskan ke mata atau dioleskan ke kulit terkelupas si hewan, dipaksa disuruh makan & menghirup sample produk, lalu hewan-hewan tsb dipantau selama 28-90 hari untuk mengetahui adanya iritasi atau efek samping lainnya. Kebayang gimana semua tes ini menyebabkan rasa sakit dan penderitaan pada hewan tsb, lalu mereka mati dibunuh.

Animal-Testing-Horrible-Images

gambarnya cukup satu aja ya, gak tega T_T

Dalam islam, segala bentuk penyiksaan terhadap hewan itu diharamkan. Saat ini teknologi juga semakin maju, tentu ada alternatif lebih baik seperti teknologi komputer atau metode lainnya yang jauh lebih akurat dan menyelamatkan ribuan hewan yang mati akibat percobaan sadis.

Karena kegiatan seperti inilah kemudian muncul Cruelty Free yang menentang melakukan penyiksaan dan membunuh binatang. Dan cruetly free ini berbeda jenisnya satu sama lain, diantaranya,
Animal cruetly free : label untuk produk yang tidak membahayakan dan membunuh hewan
No animal testing : tidak melakukan testing thdp hewan, tapi bahan belum tentu bebas dari sumber hewan. cth : Bath and body works, Malibu, Too faced
Leapingbunny (Not Tested on Animal and No Animal Ingredients), ini paling mendekati halal lah. cth : The body shop, Everyday mineral, Urban decays, dll

qq

 

list beberapa produk cruetly free

2557f45ac639532426383bd23763e62b

lalu sekarang juga ada namanya Vegan Cosmetics, yaitu bahan yang digunakan dalam kosmetik tidak mengandung unsur hewan dan 100% berasal dari tumbuhan. Kosmetik ini juga 100% bebas kekerasan pada binatang.
lalu ada Vegetarian cosmetics, bedanya pada produk ini memiliki kandungan yang berhubungan dengan hewan seperti susu, madu, beeswax, lanolin.
untuk lebih lengkap tentang bedanya Vegan dan Vegetarian cosmetics, bisa baca di sini

vegan-logo-square

brand kosmetik yang kamu pakai belum kesebut ya? jangan panik dulu, untuk melihat list produk yang cruetly free di sini dan di sini , atau suka pake produk korea yang kemasannya unyu-unyu itu? cek di sini  atau di sini (tapi meskipun udah masuk kategori cruetly free perlu di cek lagi kandungannya ya 🙂
*resiko pake brand yang gak ada logo halal *curcol

Setelah kita bahas produk cruetly free, nah sekarang produk apa aja yang masih melakukan animal testing??


berikut Produk ” Animal Testing ” :              

Bobbi brown           Maybelline
Channel                     Max Factor
Clean & Clear              M.A.C
Clinique                        Olay
Cover Girl                     H2O
Dior                                Pantene
Elizabeth Arden        Revlon
Estee Lauder              Vaseline
Essie                         Shu Uemura
Lancome                      SK II
L’Oreal           Amazing Makeup
L’Occitane               Yves Rocher
TRESemme                dll
Brands’ cruelty free statuses change all the time (so check this cruelty free beauty list for current updates)

Trus gimana supaya kita yakin kalau kosmetik yg dipake bener2 halal? saran penulis ya pake kosmetik yang ada logo halal dari MUI. Bersyukurlah tinggal di Indonesia karena menemukan kosmetik yang ada logo halal itu gak sulit dan sekarang udah banyak yang berlogo halal yaitu,
Natur                                           Rivera
Viva                                              Lux
Red A                                           PAC
Ristra                                          LT Pro
Zoya cosmetics                        La Tulipe
Sari Ayu                                     Make Over
Freya                                           Caring Colour
Inez                                              Purbasari
Zahra                                          Putri Ayu
Mustika Ratu                           Enchanteur
Wardah                                      dll
 

Kalau masih pengen pake produk luar negeri mungkin ada beberapa tips dari penulis

  1. Cek dan ricek brand kosmetik yang kamu pakai di lembaga sertifikasi halal, seperti milik Malaysia (Standards Malaysia) atau Muslim Consumer Group yang ada di Amerika Serikat. Lembaga-lembaga ini juga dapat menjadi salah satu acuan untuk melihat bahan yang halal, haram dan yang masih perlu studi lanjutan.
  2. Pilih kosmetik dengan label animal cruetly free atau logo vega/vegetarian, yang pasti bebas dari unsur hewan dan kekerasan terhadap hewan.
  3. Untuk memastikannya, cek website brand kosmetik yang kamu pakai. Baca dengan teliti, apa mengklaim bahwa produknya bebas hewan atau tidak.
  4. Hati-hati dengan beberapa brand internasional yang masuk ke indonesia yang berada dalam zona abu-abu, karena tidak ada repon produsen terhadap pertanyaan konsumen tentangg cruetly free. 

 

jadi pertanyaan saya, SMLC NYX itu halal gak? udah terlanjur cinta ama lip cream ini 😥
dan ternyata NYX masuk dalam kategori Vegan cosmetic asiiikkk 😀

fyi, gak ada yang namanya NYX ori singapore, ori taiwan, dll ya. itu jelas FAKE, WASPADALAH..WASPADALAH!
(cek apa bedanya lipcream NYX ori dan fake di sini)
2778587_f916e4f2-aa60-11e3-b53e-16ad4908a8c2

Soft Matte Lip Cream NYX

 

jujur, penulis juga baru kepikiran tentang kosmetik halal setelah memakai BB Cream Etude dan SMLC NYX  *bukanpromo
I’m a pharmacy student and strangely, I’ve never thought too much into animal testing, what it is and what the effects of it is. Yang saya tau kalau dalam pengujian suatu obat baru ya tentu perlu dilakukan uji klinis (for animals and human, but for testing a cosmetic, I never thought that would be cruel like this….)
*buang saja hayati ke rawa-rawa 
😦

Perawatan muka dan tubuh memang perlu, hanya saja gak perlu berlebihan kan sampe bela-belain beli produk luar negeri, kalau terjamin halal dan harga terjangkau masih bisa deh….lah ini udah mahal belum tentu halal pula…!!

 

The best way to stop companies from using animals is to refuse to purchase their products and to write and tell them why you won’t be applying their eye shadow, cleaning your clothes with their detergent, or washing your hair with their shampoo –Peta.org

 

p.s. Bagi yang mau liat list poduk yg menggunakan animal testing (selain kosmetik) bisa dilihat di sini

p.s.s. Jika terdapat kesalahan dalam artikel ini mohon diberi saran dan kritik ya readers

p.s.s.s. please, DO NOT copas ok 🙂

 

Sumber :
peta.org
leapingbunny.org
halalmui.org
beauzeefull.blogspot.co.id
cantiknyaqonita.blogspot.co.id
ciricara.com

pusathalal.com
veganrabbit.com
animalrightskorea.org
belleandcrystal.blogspot.co.id
mybeautybunny.com
crueltyfreekitty.com
mineisdreamers.blogspot.co.id
islamhashtag.com

Iklan

23 thoughts on “Kosmetik Halal dan Animal Cruelty Free

  1. Nia berkata:

    Bagaimana dengan serum korea ost c20 sis? Tlg bantu dilacak…soal statusnya..apakah ada unsur haram di dalamnya?syukron 🙂

    • Zaura berkata:

      saya liat dari komposisinya serum ini isinya ya vit.c (asam askorbat), ekstrak tumbuhan dan beberapa zat tambahan (tanpa unsur hewan). saya gak bisa pastikan ini halal apa haram mungkin mbak bisa tanya langsung ke websitenya atau blogger beauty yang jg pake serum ini 🙂

  2. Katrin berkata:

    Artikel nya bagus banget :'(. Aku suka banget produk maybelline trus aku liat di peta.org kalo ada product yg animal testing. Aku cari di webnya dan ada. Itu rasanya nyesek padahal udah bertahun2 pake babylips sama liquid white powdernya. I feel so ashamed on myself. Makasih ya sist pencerahannya. Mulai sekarang harus lebih hati2 dalam memilih produk kecantikan.

    • Zaura berkata:

      seneng banget kalau artikel ini bisa berguna. iya kita sekarang jadi lebih teliti dan pedulu ttg animal testing ini masih banyak produk kosmetik lain yg sama bagusnya 🙂

  3. Mynt berkata:

    Apa label halal yg tercetak di produk Indonesia sudah pasti brand-nya gak melakukan animal testing? Mohon penjelasannya. Thanks

    • Zaura berkata:

      saya rasa jika MUI sudah memberikan label halal, maka produk tersebut sudah memenuhi standar produk halal baik dari segi kandungannya, proses pembuatan dan proses pengujiannya(tdk melakukan animal testing). wallahualam.
      semoga membantu 🙂

  4. feethreenr berkata:

    terima kasih atas sharingnya.. memang penting sekali untuk mengetahui apa yg kita pakai.
    oh iya, selain cruelty free, NYX alcohol free juga ga ya mbak?

    • Zaura berkata:

      saya kurang tau untuk produk nyx yg lain, tp utk smlc nyx yang saya cek ingredients-nya memang terdapat alkohol yaitu benzyl alcohol. Benzyl alcohol is another halal alcohol that is naturally found in many plants, fruits and teas. maaf kalau saya hanya bisa menjawab utk nyx smlc saja, untul produk lain nyx silahkan dicek aja ya 🙂

  5. ukjent berkata:

    Diatas dicantumkan produk di indonesia yg halal dan merk ‘Lux termasuk.
    Lux itu produk yg dikeluarin sama PT Unilever, PT Unilever itu di skala internasional termasuk animal testing.
    Saya bingung, kalo dari indonesia ada label halal utk produk tsb, apakah masih layak disebut cruelty free?

      • UKJENT berkata:

        Untuk Pt.Unilever Indonesia ga diragukan sdh ada label halal, tp saya pikir kalo Pt. Unilever skala internasionalnya kan mengembangkan perusahaan disini, yg berarti Pt.Unilever Indonesia msh ada kepemilikan dr Internasionalnya bukan? Misalkan Pt.Unilever Indonesia untung, maka akan berdampak untung pula dgn Unilever Internasional, yg berarti secara ga langsung kita mendukung Pt.Unilever Internasional (mereka masih animal testing utk produk2nya).
        Saya bingung, ini hanya pendapat saya.

      • Zaura berkata:

        wah saya gak berpikir sejauh itu, that’s an interesting opinion! 😀
        jika memang ragu dan tidak mendukung univeler sebaiknya menghindari dan tidak membeli produk mereka, toh masih banyak produk lain yang bisa kita gunakan. tapi semua kembali lagi pada keputusan konsumen ingin menggunakan produk univeler indonesia yg sudah halal atau tetap menolak karena tidak ingin mendukung Univeler internasional 🙂

  6. mury berkata:

    trus kalo etude itu halal ga ya… dari bahannya kalo dibaca alami semua tp testing animalnya itu yg ga tau.. bisa tolong kasih info lebih buat produk itu, mmakasih sebelumnya.. ^_^

  7. Erinintyani Shabrina berkata:

    Hai mbak. Terima kasih atas artikel nya. Selain halal, berarti Make Over Indonesia free animal testing ya?

    • Zaura berkata:

      maaf saya gak bisa menjawab ini karena info yg bisa saya dapatkan hanya make over sudah bersertifikat halal, tapi dari pemahaman saya jika sudah mendapatkan sertifikat halal berarti tidak ada unsur haram seperti penyiksaan pada binatang. wallahualam

      • Sirius berkata:

        Saya setuju, kalo produk halal itu Harusnya ya sudah cruelty free.
        I wish they’re not cheating behind our back. Dengan menggunakan label halal tsb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s