KKN Farmasiku

Assalamualaikum sodara-sodara😀

Ada kabar gembira loh, sekarang manggis sudah ada ekstraknya!! #eh #salah

 

Finally Ramadhan arrived!!
Sebelumnya, saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita di bulan suci penuh berkah ini diterima oleh Allah SWT, Amiinn😀

Gak terasa udah Ramadhan lagi, bulan penuh berkah yang juga membawa saya kembali “menengok” blog ini. Lah kok bisa? heheh kemarin saya dapat email dari wordpress yang ternyata notif kalau pengunjung blog meningkat drastis. Ternyata oh ternyata visitors yang meningkat ini karena postingan saya “Menangis Membatalkan Puasa?” oalah pantes hahah.

Selain karena email dari wordpress, saya juga ingin memperkenalkan blog baru saya, lebih tepatnya blog kelompok KKN saya heheh. eh emang KKN apa tuh? bukan Korupsi Kolusi dan Nepotisme ya…bukan juga Kiri Kanan Naksir(?), jadi KKN itu Kuliah Kerja Nyata yaitu suatu mata kuliah yang wajib kami ambil agar bisa lulus kuliah haha. Kalau pembaca adalah anak kuliahan, pasti gak asing lah sama KKN yang katanya horor tapi seru *kata senior yaaa *plakk. Horor karena ngebanyangin kita bakal tinggal di pedesaan yang kita gak tau letaknya dimana selama sebulan dan seru karena kita bakal terjun langsung ke masyarakat dan berkesempatan mendapatkan teman dan keluarga baru🙂

Karena saya menuntut ilmu di Unsyiah (Universitas Syiah Kuala) Banda Aceh (Catat ya teman-teman! Unsyiah itu di Banda Aceh!! *promosi :D ) ya pastinya saya mengikuti KKN versi Unsyiah. Sebenarnya di universitas manapun ya sama aja pelaksanaan KKN yaitu tinggal di daerah terpencil dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berinteraksi dengan masyarakat serta membangun daerah tersebut. Hanya, detailnya aja yang beda. Kalau di Unsyiah KKN itu hanya 1 bulan dan mahasiswa diwajibkan melakukan 5 kegiatan yaitu kegiatan utama, kegiatan penunjang, kegiatan tambahan, kegiatan pendukung dan kegiatan khusus….wah banyak hmmm ckck.

Sebagai mahasiswa leting pertama farmasi, tentu saja kami gak punya senior seangkatan yang bisa ditanyakan terkait program kerja yang berhubungan dengan farmasi *nasib, jadilah kami akhirnya memikirkan sendiri program kerja yang cocok dan ujung-ujungnya konsultasi lagi sama dosen hehe. Tentunya program kerja yang kami rencanakan harus cocok dengan kondisi gampong dimana kami ditempatkan. Dan saya baru cari referensi di internet setelah saya selesai membuat rancangan program kerja, Haduh! kemana aja!! haha

Ini beberapa contoh program kerja yang berkaitan dengan farmasi, (yang saya dapat dari blogwalking heheh)

  1. Tanaman Obat keluarga
  2. Pola Hidup Bersih Dan Sehat
  3. Penyuluhan Obat Tradisional
  4. Penyuluhan Informasi Obat
  5. Penyuluhan Obat Generik, Obat Paten dan Obat Generik Bermerk
  6. Penyuluhan tentang penyakit yang banyak terjadi di masyarakat
  7. Swamedikasi
  8. Pelatihan Apoteker Kecil
  9. Kampanye Informasi Obat
  10. Pengenalan Teknologi Fermentasi Sederhana
  11. Penyuluhan tentang bahaya NAPZA

Oh iya, tahun ini KKN Unsyiah dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu KKN Kebangsaan (Kalimantan Barat), KKN PPM (Aceh Besar) dan KKN Reguler (Pidie Jaya) yang kebetulan saya pilih KKN reguler🙂. Anggota kelompok berkisar antara 6-8 orang/kelompok yang berasal dari jurusan yang berbeda. Tapi…kebetulan saya dapat bareng Kak Sarah, teman seangkatan di farmasi yang juga teman dekat alias teman bermain(?) haha how lucky I am. Teman yang lainnya yaitu ada 2 cowok yang berasal dari Hukum dan Ekonomi Manajemen, dan sisanya cewek yang berasal dari Pend. Fisika dan Kelautan & Perikanan  plus tambahan dari mahasiswa Unri (Universitas Riau) dari jurusan Akutansi (Gak sebut nama deh :P). Kami ditempatkan di Gampong Pulo Gapu, Kec. Bandar Dua, Pidie Jaya dan setelah kami melakukan survei tempatnya itu cantik dan adem khas pedesaan.

Kayaknya cukup ini aja dulu ceritanya dan akan saya lanjut selama atau sesudah KKN ya…mudah-mudahan KKN nya seru dan membawa banyak cerita yang bisa saya bagi bersama teman-teman sekalian (Reader : sapa juga yg mau baca cerita lu!)
Ah lupa..kunjungi blog kelompok KKN kami ya KKN 119 Pulo Gapu

 

Bye!

 

2 thoughts on “KKN Farmasiku

  1. Nisaul Muddrika berkata:

    wah, setelah bbrapa waktu kak niza tamat. baru kali ini ni, saya nongol ke sini kak, maklum bukan bloger aktif,,,, bisa dblang kyk gk pnya blog.wkwkwkw. Ya hari ini ni berhubung lagi cari2 program utk KKN juga.akhirnya mmpir ke sni bntr kakk,,hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s