Yuk Wisata Komplit ke Banda Aceh!!

Assalamuaikum sodara-sodara sekalian😀

Siapa sih yang gak suka wisata? apalagi kalau wisata luar negeri? uuhhh mau banget😀
Padahal keliling Indonesia aja belum, boro-boro ke luar negeri haha. Sebelum ke luar negri, yuk jelajahi negeri sendiri dulu. Karena saya orang Aceh, jadi pastinya saya promosiin daerah kelahiran dulu dong yaa

visit banda aceh 2011.2

ada yang mau nanya artinya “Jak lom u banda” ?? :p

Kenapa saya mengatakan Banda Aceh merupakan wisata komplit? karena di sini kita dapat menikmati wisata kuliner, wisata budaya dan sejarah, wisata bahari, wisata belanja, wisata tsunami dan pastinya wisata religi. Semua pasti tau kan kalau Aceh disebut sebagai Serambi Mekkah yang artinya sebelum ke Mekkah, maka Aceh merupakan serambi atau teras menuju Mekkah. Sedikit cerita, karena di sini syariat islam diberlakukan, saya yang dari sekolah dasar dibiasakan memakai jilbab sekarang jadi betah memakai jilbab. Kalau keluar rumah gak pake jilbab rasanya ada yang kurang gimana gitu dan lagi hampir semua orang pake jilbab. Awalnya pake jilbab karena disuruh ortu tapi lama-lama keinginan untuk menutup aurat datang dari lubuk hati *eaaa bahasa gue. Jadi bagi teman-teman yang belum siap berhijab, yuk dicoba dulu lama-lama pasti terbiasa😀
*jadi dakwah mendadak ne *jiwa buk ustad keluar

Oke kembali ke laptop. Di artikel ini saya hanya memberikan gambaran wisata secara singkat saja ya.

Kalau teman-teman berkunjung dari luar aceh dan menggunakan transportasi udara, kita akan disambut dengan Bandara Sultan Iskandar Muda. Lah, emangnya kenapa dengan bandara, why so special?. Nama bandaranya pasti gak asing lah ya, Sultan Iskandar Muda dikenal sebagai sultan yang termasyur dari Kerajaan Aceh Darussalam trus bangunannya juga berbentuk kubah mesjid. Nah udah berasa nuansa islami nya?

1276563118

Jarak bandara ke kota memakan waktu sekitar 45 menit…lumayan jauh dari pusat kota ya hehehe
Kalau uda sampai ke pusat kota, kita akan mudah menemukan Mesjid Raya Baiturrahman yang dikenal sarat akan nilai sejarah dan keindahannya. FYI, masjid ini masuk dalam mesjid-mesjid terindah di indonesia loh

225955

Tidak jauh dari Masjid Baiturrahman, kita dapat mengunjungi Museum Tsunami yang berdiri kokoh tepat disamping makam serdadu belanda. Museum ini merupakan museum paling modern di Indonesia dan merupakan salah satu tujuan wisatawan saat ke Banda Aceh. Saat pertama kali memasuki museum ini, kita akan melalui jalan setapak yang menurun, sempit, gelap, dan sedikit tetesan air yang kayaknya didesain khusus biar pengunjung juga merasakan suasana tsunami saat itu serta diiringi lantunan ayat suci Al-quran. Tepat di samping  Museum Tsunami, kita dapat melihat makam serdadu belanda yang luas dan asri yaitu Makam Keerkof. Jika tertarik ingin mengunjunginya kita dapat masuk ke area pemakaman ini dan tidak dipungut biaya.

museum-tsunami-aceh1

 

DSCN7227

Masih di sekitaran pusat kota, ada Taman Putroe Phang. Kalau di India punya Taj Mahal, maka Aceh punya Taman Putroe Phang. Taman ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda untuk permaisurinya Putroe Phang yang merindukan kampung halamannya kerajaan Pahang. Kalau kita mengunjungi taman ini hari sabtu dan minggu sore, disini ada pertunjukkan seni yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Acaranya seru loh, gak hanya seni daerah (pasti pengen liat tari saman kan – sok tau banget gue) yang ditampilkan tapi juga seni modern misalnya band, musikalisasi puisi dan lain-lain. Dari Taman Putroe Phang kita dapat melihat bangunan putih yang menyerupai mahkota bunga yang disebut Gunongan. Dulu Gunongan ini masih satu komplek dengan Taman Putroe Phang namun kini udah terpisah oleh jalan raya. Taman Putroe Phang dan Gunongan merupakan bukti cinta sang sultan kepada Putroe Phang. Aaa so sweet.

aaa

 

 

DSCN7018

Selain Museum Tsunami, kita juga dapat mengunjungi Museum Kapal Apung PLTD. Masih ingat dengan cerita tentang kapal besi yang dibawa tsunami dari laut hingga ke perumahan penduduk, yap ini dia. Kebayang gimana dasyatnya gelombang tsunami hingga mampu menyeret kapal ini hingga rumah penduduk. Subhanallah.

_MG_2552

Kapal Apung PLTD Banda Aceh

Masih belum puas? tenang masih ada wisata bahari yaitu pantai-pantai yang ada di Banda Aceh dan sekitarnya. Yang paling terkenal sih pantai Lampuuk kali ya, yang punya pasir putih, laut biru dan bukit di sekitar pantai. Selain pantai Lampuuk, juga ada pantai Lhok Nga yang letaknya gak jauh dari pantai Lampuuk. Sayangnya kedua pantai tersebut letaknya di luar kota banda aceh dan memakan waktu 30-40 menit dari Kota Banda Aceh. Kalau yang dekat kota, ada pelabuhan Ulee Lheue yang disekitarnya penuh dengan kuliner seperti sate, jagung bakar, dll. Trus ada juga pantai pasir hitam di pantai Syiah Kuala. Suka mancing? ke Alue Naga pilihannya.

IMG_2391

Pantai Lampuuk – Eksis sikit boleh lah ya😀

46117212

 

2013-07-07 18.39.22

Pantai Syiah Kuala – Karena gak jauh dari rumah, paling sering main ke sini😀

8556296659_8ffc9ff0c2

Jalanan menuju Alue Naga

Capek jalan-jalan, sekarang yuk wisata kuliner!! Aceh terkenal dengan kuliner yang kaya akan rempah-rempah. Saya sendiri kalau makan makanan jawa atau sunda, rasa di lidah jadi beda karena terbiasa makan makanan aceh yang mengunakan bayak rempah heheh. Mungkin yang paling orang kenal adalah Mie Aceh dan Ayam  Tangkap. Tapi selain 2 makanan itu masih banyak makanan aceh yang gak kalah enak. My favorite is Kuah Pliek U, yaitu kuah sayur yang ditambahkan Pliek U yang udah difermentasi (gak ngerti juga sih prose pembuatan pliek u ini). Teman saya pernah bilang kalau penampilannya seperti makanan bebek….what the… hahah. Well, don’t judge by the cover guys..rasa kuah pliek ini enak loh, lain daripada yang lain *promosi*.

Mie Aceh with Kepiting is the best *ngiler*

Mie Aceh with Kepiting is the best *ngiler*

491100380_1380291671

Maksudnya nangkap ayam dari semak dedaunan ini heheh

Kuah Sayur Pliek

Keumamah – Ikan Kayu

Selain makanan-makanan diatas, juga terdapat kue khas aceh yang gak kalah enaknya. Salah satu yang terkenal adalah Timpan. Timpan merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung yang dicampurkan dengan pisang/labu dan dibungkus dengan daun pisang. Timpan ini merupakan makanan wajib saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha dan sangat mudah ditemukan selama bulan ramadhan. Tapi jangan khawatir, selain bulan ramadhan kita juga dapat menemukan Timpan di gerobak-gerobak kaki lima yang menjual aneka kue seperti risol, bakwan dan lain-lain. Selain Timpan, juga ada Kue Boi Aceh yang terbuat dari adonan tepung dan telur dan teksturnya menyerupai kue bolu. Sering disebut Kue Boi Ikan karena bentuknya yang kecil dan dipanggang pada cetakan yang berebentuk ikan. Paling mudah menemukan Kue Boi ini disepanjang jalan raya menuju Lhok Nga.

2012-08-19 14.27.33

Kue Keukarah, my mom’s favourite

 

Masih belum puas? yuk ke Sabang!! daerah paling barat se-Indonesia. Objek wisata di Sabang juga gak kalah keren, dan plus nya..kapan lagi ke kilometer 0 Indonesia?? berasa keren gimana gitu haha

Oke cukup sampai disini dulu ya. Next time akan saya bahas lebih detail ya teman-teman. See you in next post, bye!!

 

Source :
Dok. Pribadi
Google
Berbagai sumber

 

 

18 thoughts on “Yuk Wisata Komplit ke Banda Aceh!!

  1. Woobinosaurus berkata:

    mau ke pantai lampuuuuuk!! kayaknya sebelum gue wisata ke korea kudu wisata ke aceh dlu nii. dan nija harus traktir gue makanan khas ace hahaha

  2. nana cho berkata:

    tempatnya kece-kece *O* pengen ke museum tsunami~ kata Zoro museum paling canggih ntar mesti aku katro banget cengoh gitu kalo masuk ke sana gyahahaha
    oiya ‘Pliek U’ itu apasih, Eon? terus bentuknya itu kaya sayur lodeh kalo di Jawa hihihi…

  3. Ping-balik: aneh2saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s