Nizaura’s Top 5 Favorite Novel

Haaaiii semuaaa
Berhuuubung masih suasana liburan..jadi gue lumayan rajin main blog hehe😀
dan, berhubung gak tau mau posting apa jadi ya postingan inilah yang terjadi hahah

Some books leave us free and some books make us free.

“Some books leave us free and some books make us free.

Siapa yang suka baca buku? Sayaaa *heboh sendiri*
“Membaca” yap, itu yang salah satu opsi yang gue tulis sebagai hobi kalau disuruh isi biodata haha. Hobi membaca ini cakupannya cukup luas karena gue suka baca apaaaaa saja mulai dari koran, majalah, manga, komik, eksiklopedia, and of course Novel (dan beberapa buku pelajaran yang gak bikin ngantuk hahaha) . Seingat gue dulu pernah gue buat postingan tentang my favorite manga (or anime?) jadi kali ini mari kita bahas beberapa novel favorit gue, ok? iya harus setuju kan ini blog gue *ngomong sama siapa sih ._.

5. Trilogi  The Divergent

Divergent-series-by-Veronica-Roth

Novel Dystopian yang udah diangkat ke layar lebar dan tayang tahun ini!! ah can’t wait >.<
gue baca novel ini karena belakangan ini lagi sukaaaa banget genre Dystopian, ya pengaruh The Hunger Games dan beberapa film sci-fi tentang masa depan yang gue nonton haha. Penasaran aja kenapa mereka (baca : orang barat) segitu jauhnya memikirkan tentang masa depan suram ._. mungkin efek global warming yang makin parah kali ya *ngasal *bisa jadi  :D

The Divergent mengisahkan masa setelah perang nuklir yang menghancurkan dunia. Bertempat di Chicago, di masa ini, masyarakat dibagi menjadi 5 Faksi yaitu :
Mereka yang tidak menyukai peperangan, membentuk Amity.
Mereka yang tidak menyukai ketidaktahuan, menjadi Erudite.
Mereka yang tidak menyukai kepalsuan, membentuk Candor.
Mereka yang tak menyukai pamrih dan egoisme, membentuk Abnegation.
Dan, mereka yang membenci kepengecutan adalah para Dauntless.
Tokoh utamanya Beatrice Prior, seorang gadis asal Abnegation. Semua anak dari seluruh Faksi yang akan memasuki usia 16 tahun akan memilih, di Faksi mana kah mereka nanti akan tinggal, tetap di Faksi awal atau pindah ke Faksi lain. nah, kisahnya dimulai saat hasil tes Beatrice malah memiliki tiga Faksi untuk dia pilih, yaitu Faksi Abnegation, Dauntless, dan Erudite. dan karna memiliki hasil seperti itu, dia pun di sebut sebagai seorang Divergent sehingga dia harus merahasiakan jati dirinya tersebut (karena Divergent ini dianggap berbahaya dan dapat memicu peperangan). Namanya manusia ya emang kompleks dan kayaknya susah kalau kita cuma boleh punya 1 dari sifat-sifat diatas -_-v
(dunia Divergent memang suram hahah)

Novel ini cukup seru dan menegangkan, gue aja gak bisa berhenti baca dan rela bergadang ._. tapiiii berhubung buku ke-3 baru-baru aja rilis dan belum ada versi bahasa indonesia jadi gue belum tau endingnya gimana (beginilah nasibnya kalau males baca versi english), karena alasan itu juga yang membuat Divergent dapat urutan terakhir di list novel favorit gue ._.

4. Sloppy First Series

Novel teenlit paling membekas di hati #eaaa
Seperti halnya novel Teenlit lainnya, Sloppy Firsts ini menceritakan kisah romantika remaja, Jessica Darling – Marcus Flutie yang hmmm kasih tau gak yaaa :p
Baca novel ini berasa baca diary seseorang tapi ini diary yang dibaca khalayak umum hahah. Pertama baca novel ini, gue gak tau kalau ternyata novel ini series -_- soalnya di buku pertama kita hanya disuguhkan kisah Jessica Darling yang galau karena mau tamat SMA tapi masih perawan (masalah umum untuk remaja AS -_-) tapi tenang aja, dinovel ini gak ada adegan 18++ amat lah kan Jessica Darling ini cewek baik-baik dan kalem. awalnya gak nyangka kalau tokoh utama cowoknya Marcus Flutie karena si Marcus ini gak terlalu menonjol dan digambarkan sebagai cowok bandel -___-
Awalnya Marcus ini cuma pengen ngejahilin si Jessica tapi akhirnya malah cinta beneran hahah. Gue ingat dulu gue tergila-gila sama tokoh Marcus Flutie yang berandalan tapi sweet banget :3

3. Percy Jackson Series

Jujur gue kurang tertarik sama novel yang berbau dewa-dewi yunani atau mitos eropa kuno (kecuali nonton film nya ya, misalnya Lord of The Ring  the most I love). alasannya sih ribet karena dewa-dewi yunani itu buanyaaaakkk dan kisahnya macem-macem -_-
tapi Novel karya Rick Riordan ini cukup menghipnotis gue untuk membacanya sampai buku terakhir. Percy Jackson udah diangkat ke layar lebar dan tahun lalu sudah merilis series ke-2 Percy Jackson : The Sea of Monster. Film nya gak sebagus novel *kecewa* menurut gue, cast yang dipilih kurang pas dan gak sesuai sama bayangan gue di novel tapi untuk Logan Lerman itu pengecualian ya *lemah terhadap namja cakep hahha*

Percy Jackson adalah seorang anak dua belas tahun, didiagnosis dengan ADHD dan disleksia , yang telah diusir dari enam sekolah. yang belakangan kita tahu kalau Percy  adalah Half-Blood, yaitu manusia berdarah campuran-setengah dewa dan Percy adalah anak dari salah satu dari 3 dewa utama, yaitu Poseidon. sejak perang dunia ke-2, ke-3 dewa ini (Zeus, Hades dan Poseidon) dilarang memiliki anak dengan manusia karena Half-Blood keturunan ke-3 dewa ini memiliki kekuatan super yang cukup besar dan ditakutkan dapat memancing perang dunia ke-3 ._.
Half-Blood ini rentan banget diserang dan dijadikan santapan bagi makhluk2 mistik-buas-gaje jadi para Half-Blood ini perlu dilatih kekuatan serta keterampilannya di Camp Half-Blood. Dan dimulailah petualangan Percy Jackson dalam menyelamatkan dunia dari makhluk2 jahat #aseekk
Novel ini seru banget tapi endingnya itu …….
-__-

2. Trilogi  The Hunger Games

Novel Dystopian pertama yang gue baca dan lumayan sadis -_-
Tertarik baca novel ini karena nonton filmnya yang seru abiisss. Gue gak terlalu nyesal  telat baca novel ini, karena gue gak  harus nunggu lama-lama untuk baca buku ke-2 dan ke-3 hahah

Sama seperti novel dystopian lainnya, The Hunger Games menceritakan masa setelah dunia yang hancur akibat perang, dll. THG menggunakan istilah Palem (wilayah Amerika) sebagai TKP (please deh bahasa gue hahah). Palem ini memiliki 13 Distrik dengan ibukota Capitol, dimana pembagian distrik ini berdasarkan sumber daya yang dihasilkan dari masing-masing distrik tersebut. Seorang gadis enam belas tahun bernama Katniss Everdeen tinggal di Distrik 12. Distrik dua belas terkenal dengan distrik “terbelakang” dibanding Distrik 1, 2, 4. Disana banyak orang miskin dan mereka harus bertahan hidup dibawah pimpinan masyarakat Capitol yang jahat dan tidak berperikemanusiaan. setiap anak yang sudah cukup umur wajib mendaftarkan diri dan akan diundi untuk mengikuti Hunger Games, sebuah permainan sadis yang diciptakan Capitol untuk memperingati pemberontakan  dan sekaligus balas dendam capitol terhadap distrik-distrik pemberontak tersebut. The Hunger Games ini cukup sadis dimana tiap distrik mengirimkan 2 wakilnya (pria-wanita) dan bertarung untuk bertahan hidup dimana hanya ada satu pemenang dalam game tersebut. Katniss yang menjadi relawan menggantikan adiknya dan menjadi wakil distrik 12 bersama Peeta.

Gue cukup sebal sama sikap Katniss yang menggantung(?)Peeta..!! kalau dia memang suka sama Gale kenapa si Katniss ini seakan ngasih harapan ke Peeta -__- but, selain sikapnya yang itu gue cukup suka sama Katniss, the girl on fire..!!. Novel ini cukup menegangkan karena peserta Hunger Games harus saling bunuh untuk jadi pemenang. artinya kalau gak mau mati ya harus bunuh lawan yang lain. Gak habs pikir kalau di masa depan ada game beginian dan dijadikan semacam TV shows yang diminati banyak orang. masa ada acara bunuh-bunuhan yang jadi populer seakan kekerasan pun dianggap hiburan bagi masyarakat. ini tanda-tanda masyarakatnya udah gak berperikemanusiaan lagi -___- . well, overall novel ini sangat berkesan dan wajib baca!!

1. Harry Potter Series

Yap..!! Siapa yang gak kenal Harry Potter? yang gak kenal sungguh terlalu!!
sebagai Harpot Lovers, tentu aja novel ini jadi novel favorit gue sepanjang masa *lebay*
Kecintaan gue sama Harry Potter dimulai sejak gue SMP (sekitar tahun 2005/2006) dimana pertama kali nonton Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Dulu emang kenal Harpot tp biasa aja karena gak pernah nonton secara full tapi pas nonton Harpot 3 dengan rental kaset VCD punya temen gue jadi tergila-gila sama Harpoy (dulu masih jaman rental komik-VCD haha). karena penasaran, gue langsung rental novel Harpot sampe series 6 Harry Potter and The Half Blood Prince. Pertama kali baca novel 1000 halaman lebih dan gak bisa lepas dari novel ini sampe dimarahin ortu. Tapi yang paling berkesan yaitu saat Harpot series terakhir versi bahasa indonesia rilis, gue beli novel mahal ini (gak salah harganya 200 ribu) yang merupakan jajan gue selama sebulan lebih (200 ribu itu cukup berat untuk kantong pelajar SMP  loh -_-) dan ngebut bacanya cuma dalam 3 hari karena gue harus fokus sama UN yang tinggal sebulan lagi.

Harry Potter menceritakan kisah penyihir cilik bernama Harry Potter  yang selamat dari mantra mematikan U-Know-Who yang namanya gak boleh disebut  dan mantra tersebut menyerang balik Voldemort duh kesebut juga namanya hahah . Sebagai seorang penyihir, Harry masuk sekolah sihir Hogwarts dan dimulai lah petualangan Harry dan sahabat2ya. Karena insiden tersebut, Harry menjadi populer di dunia sihir dan diramalkan sebagai sang penyelamat dunia sihir dari sihir jahat Voldemort.

Sebenarnya masih banyak novel-novel bagus yang gue baca misalnya Delirium, Lord of The Rings, The Da Vinci Code, Ugly, Princess Diaries, The Alchemist dll tapi ya cuma 5 ini yang cukup membekas di hati #eaaaa

Well…that’s my favorite novel😀

How ’bout you?

Source.
Google

Tinggalkan Balasan

