Tips agar tidak ngantuk saat belajar :D

Hihihi tiba2 googling tips belajar efektif….berhubung lg pgen belajar dgn benar dan masuk ke otak XD dan lagi males publish ff gaje XD

Ne udah saya susun seringkas n sesimpel mungkin  moga2 aja para reader ngerti..kalau gak ngerti berarti babo [yg buat note di tendang ke mars]

Ok…, monggo di baca jika berkenan :D

Yang pertama…..istirahat yg cukup tidur cukup, jgn begadang..!!

Mulailah belajar dari topik yang paling anda kuasai /gampang..Setelah itu barulah dilanjutkan dengan topik yang lebih “menantang”..Hal ini dimaksudkan agar kita tidak langsung down dan putus asa jikamengerjakan soal2 sulit terlebih dahulu..

Latihan dan latihan itulah kunci untuk mahir dalam suatumata pelajaran..Semakin banyak anda mengerjakan dan memahami soal semakin terbiasa pula anda dalam mengerjakannya

pilihlah tempat duduk paling depan, dan teman2 yg mendukung kamu untuk belajar. jgn pilih teman yg cenderung ngajak ngobrol

ada minat ada perhatian. jadi tumbuhin dulu minatnya… misalnya coba baca tentang materi itu sekilas. terus coba buat beberapa soal yang bikin kamu penasaran, terus paslagi ada pelajaran. tanyain semuanya!

usahakan jangan melamun , ngelantur, apalagi mikir yang ga-ga. terus kalo udah bosen boleh pindahin ke hal2 yang lain misal loncat2,nyanyi keong racun(loh?) ,joget,atau apalah trus belajar lagi :)

Jaga pola makan, pola tidur, dan, agar metabolisme tubuhbaik. Perbanyak makan buah + air putih untuk menyegarkan badan, bukannya minum kopi. Kalau aku ya..ngemil semacam coklat atau lollipop yg g cepet habis :p

Sekalian biar cepet gemuk haha XD

Harus merasa menikmati pelajaran yang sedang dibahas. Bilakita mengikutinya dengan malas-malasan, pasti akan mudah mengantuk,Bila rasa ngantuk itu sudah mulai terasa, minta ijin pada guru untuk cuci muka sejenak

Jika sempat….cobalah anda berwudhu ..,.. [boleh ne dicoba...sekalian ja wudhu drpda cuci muka :D]

Aturalah posisi duduk siap belajar. Jangan belajar sambil duduk bersandar/kepala disandarkan. Jangan pula belajar sambil tiduran. Ntarbuat mata cepet lelah n akhirnya tumbang juga [lu kata pohon??]

Jangan terlalu lama belajar’a, lebih baik belajar sebentartapi banyak ilmu yang didapat daripada belajar terlalu lama tapi hanya sedikityang didapat…. :))

Hiasilah materi pelajaran anda / buku catatan anda dengan menggunakan tinta yang beraneka ragam (bukan hanya satu / dua warna) karena hal tersebut mampu mempengaruhi sistem otak kita, dan menciptakan suatu suasanan menarik / semangat ketika membacanya.

Membuat trik sendiri / Menyisipkan trik untuk memudahkan anda dalam belajar.

Mis: dalam menghafal zat yg terdapat dalam lambung >> “Aku PEREk MUda”

1. Asam Klorida (HCl)

2. PEpsin

3. REnin

4. MUcinNb: trik yang dibuat boleh saja agak “lucu / berbau negatif” karena kita akan lebih mudah mengingat hal-hal yang bersifat lucu / “nakal” [author : wow nakal?? Ckckck >o<]

Belajar kelompok. Kadang murid malas malas belajar krn hanya sendiri namun dengan adanya teman-teman anda akan menjadi terpacu untuk saling berkompetensi menyelesaikan soal serta ada teman yg dapat membantu anda apabila anda kesulitan untuk mengerti suatu soal.tapi jgn bljar kelompok dgan teman yg suka ngobrol ya..ntar malah begosip hahaha XD

sering-sering dengerin musik klasik. Kalau saya ya..secara saya suka kpop and ELF jd lbh sering dger lgu SuJu…tapi yg gak ngeBeat kayak bonamana ya =.=

misal …. One love,love u more,Marry you,hate you loveyou,heartquake,believe+dead at heart[loh ne mlah lgu sedih XD~]

ya intinya jgn  lagu2dgn Beat keras semacam Nightmare by A7X :p

yah  sesuai minat kalian :)

Corat-Coret,Okey! Beberapa orang (ya iyalah,masak alien!) lebih mudah berkonsentrasi ketika belajar sambil membuat corat-coret atau ringkasan.

Sediakan catatan kecil (dairy mini), dan setiap kali belajar( membaca ) catatlah dalam catatan kecil tersebut hal – hal yang paling penting. Hal ini mengurangai jatah belajar anda, karena hanya sedikit yangharus dibaca dan bacaan tsb lebih singkat dan berkualitas. Lengkapilah materipelajaran anda / buku catatan anda dengan gambar-gambar jangan hanya sekedartulisan.

bisa juga dengan shalat dluha sebelum berangkat ke sekolah (ntar coba ah )

taburin cabe bubuk ke mata,ga bakal ngantuk lagi ,dijamin,[loh?? Ini mah bikin buta XD]

coba kitik2 tenggorokan u pake lidah. . .[loh?? Kok makinngelantur?]

Kalo, masih gak mempan, rendam kaki pake air es yang superdingin. [Beneran neh??]

Dan JANGAN BELAJAR SAMBIL OL !!! [caps lock mode on XD]

Dan…..pas ujian kerjain soal dgn PD

Setiap orang punya kemampuan berbeda untuk menangkap materi yang dipelajarinya.Ada yang lebih mudah menangkap pelajaran dengan mendengarkan(auditory),melihat (visual),or menggerakkan tubuh (kinesthetic).Kenalilah dirimu termasuk tipe yang mana.Lalu,belajarlah dengan cara yang palingmembuatmu nyaman.

supaya gak ngantuk tuh…kamu kepal tanganmu yang kuat….. [coba aja deh]

pengalaman author !! Belajar yang lebih cepat di ingat  adalah waktu shubuh dan tengah malam dan dlm keadaan tenang dan sunyi [jgn di kuburan ya...*garing kumat*]  :)

and terakhir….kalau ada Niat dan kemauan pasti bisa!! Bangkitkan motivasi dan rasa bersaing..!! [hihi bahasa author cadasssss]

fighting :D

source yahoo answer

About these ads

24 thoughts on “Tips agar tidak ngantuk saat belajar :D

  1. Terima kasih tips nya ya thor, :D
    Bermanfaat sekali, soal nya saya orang nya ngantuk mulu pas jam pelajaran… -_-
    Jadi, tips nya bermanfaat baget buat saya >w< *numpang nyoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s